Selamat Datang

Bienvenue, Willkommen, Benvenuto, ようこそ,Приветствую, Bienvenido, 환영, Welkom, مرحبا, 欢迎.....

Wednesday 24 September 2008

Autorun

Virus..??

Jangan masukin Flashdisk sembarangan, nanti komputerku kena virus Lagi... diaLog seperti itu akhir akhir ini sering terdengar, makLum memang, virus LokaL sekarang mediasinya bukan hanya meLaLui emaiL, bahkan dengan membuka haLaman web komputer kita juga dapat terkena virus, istiLah kerennya backdoor kaLo ga saLah..

Cegahnya gimana dong..??

Pakai AV yang tepat, emang banyak banget AV yang beredar di toko CD, apaLagi yang copyan. iya AV tuh Anti Virus.
dari berbagai macam yang sudah pernah saya coba yang utamanya untuk stop akses masuknya 'bakteri' [inget bukan bakery yaa....] KAV cukup bagus, handLing script yang disisipkan pada haLaman web dapat dicegah.

Untuk McAfee & Norton masing2 punya keLebihan dan kekurangannya. McAffe yang saya coba disini seri 7 sampe 9, untuk seri Lebihnya beLum dicoba sih, jadi kaLau ada masukan dari para tester dan bLogger mohon dikabarin yaa..

Untuk Norton yang sering dipakai muLai seri 2003 Prof sampai NAV 2005 dengan otomatis Update OFF, dan update definisi kita unduh [downLoad] sendiri pada Link :

http://www.symantec.com/business/security_response/definitions/download/detail.jsp?gid=n95.

untuk ESET NOD32 bagus juga, dengan catatan komputer anda harus ter integrasi dengan internet untuk mendapatkan upDate terbarunya. oh iya, jika anda menggunakan KAV seri berapapun yang Copyan, jangan coba coba meLakukan update otomatis, karena KAV seLaLu memantau seriaL number/key Number yang digunakan. jika Key tsb dibaca oLeh server KAV, maka secara otomatis KAV anda hampir tidak dapat berfungsi dengan baik untuk mencegah bakteri masuk ke komputer kita...
Naaaah, ini yang rumit, mencegah virus masuk dari fLashdisk kekomputer kita...

fLashdisk dari warnet, rentaL, komputer teman atau mungkin dari komputer kantor, yang mana Lokasi komputer yang membekaLi fLashdisk kita dengan virus..?? Hanya yang punya komputer bervirus yang tahu, dan tuHan tentunya.. :)


simpLe tips and yang harus anda Lakukan :



Cukup tekan & tahan tomboL SHIFT kiri sebeLum memasukkan fLashdisc, tahan sampai tanda seperti gambar disamping berubah atau menjadi seperti gambar dibawah ini.

Hal ini terjadi karena adanya pengenaLan device / usb baru yang beLum pernah masuk / terhubung dengan komputer anda.



Kalau USB yang kita bawa sudah pernah masuk / terhubung dengan komputer kita, maka yang terjadi hanyaLah seperti gambar dibawah ini :






Jadi, jangan sampai terLambat untuk menahan tomboL SHIFT kiri [maksudnya tomboL SHIFT yang ada disebeLah kiri keyboard, kan ada 2 SHIFT tuh, nah yang kiri yang fungsi, emang yang kanan kenapa..?? coba aja deh kaLo penasaran....]


KENAPA harus ditekan/tahan..??

Jawabnya : Karena SHIFT menahan / menghentikan fungsi AUTORUN yang terdapat pada device removeabLe, such as disc, dvd, fLashdisc, SDCard, whatever card [media fLash apapun yang nancepnya Lewat USB], bahkan handphone yang mungkin memori internaLnya sudah membawa virus, aLias carrier.

SeteLah aman, baru media removeabLe dapat kita Lakukan scanning AV, dengan Update terbarunya tentu....


yo wes, seLamat mencoba..


Note : Salut Buat anak_anak Indonesia yang suka banget buat Virus / Glitch pada program orang Lain, esp Operating System Mic******... :D
next time buat yang Lebih bawa banyak manfaat bagi orang Lain yaa....

No comments: