Selamat Datang

Bienvenue, Willkommen, Benvenuto, ようこそ,Приветствую, Bienvenido, 환영, Welkom, مرحبا, 欢迎.....

Sunday 10 January 2010

Disk Manajemen

Suatu kalimat yg sering kita dengar kalau ingin format HardDrive dsb, bagaimana melakukannya melalui Operating System yg sering kita gunakan..? ingin membagi uLang / partisi drive meLaLui OS yg aktif..?*

begini caranya :
1. Buka Control PaneL, cari Administrative Tools [gambar diatas]

2. Setelah Administrative Tools [AM] dibuka, maka akan muncuL tampiLan seperti gambar dibawah :
3. Buka Computer Management [CM]

4. Akan ada tampilan seperti gambar diatas, cari Drive / HDD / Removable Drive yg akan dipartisi / format uLang, caranya bagaimana..?
Gampang banget, tinggaL kLik kanan LaLu cari piLihan yg diinginkan, seperti Rename Drive [Change Drive Letter & Path], atau hapus partisi, atau format partisi, seperti yg ditunjukkan gambar dibawah :
5. Hapus Partisi pun dapat dilakukan. [dengan catatan data yg anda perlukan sudah dipindahkan pada drive Lain yg tidak akan diformat / dihapus partisinya.
*bukan HDD utama/primary partisi

Note : untuk melakukan FORMAT, gunakan pilihan FAST FORMAT agar proses ini dapat dilakukan tanpa membuang waktu anda.
Untuk removable drive [Removable HardDrive/USB HDD] jika ingin partisi uLang, sebaiknya hapus total partisi yg ada, caranya tinggal klik kanan removable HDD tsb, dan pilih Delete Partition.

Pastikan tidak ada datanya, karena penulis tidak pernah menganjurkan untuk memFormat / Partisi HDD apapun tanpa memBackUp terlebih dahulu isinya [content].

OK, selamat mencoba.

No comments: