Selamat Datang

Bienvenue, Willkommen, Benvenuto, ようこそ,Приветствую, Bienvenido, 환영, Welkom, مرحبا, 欢迎.....

Tuesday 5 January 2010

Surabaya Regional Railway Transportation

Surabaya Regional Railway Transportation (SRRT).

Ini adalah proyek paling raksasa dari pembenahan sistem transportasi publik di Surabaya. Konsepnya adalah elevated railway yang mengelilingi Surabaya. Jadi, jalur kereta api yang ada akan ditinggikan semua sehingga tak ada lagi persilangan sebidang.

Padahal, di Surabaya, total ada sebelas lintasan sebidang besar yang membuat macet. Yang paling terkena imbasnya adalah jalur antara jembatan Mayangkara hingga bundaran Waru. Berdasar perhitungan Satlantas Polwiltabes Surabaya, antara pukul 07.00-19.00 (jam-jam sibuk), ada 20 kali penghentian. Itu tentu menimbulkan efek lalu lintas yang tak kecil.

Konsep untuk mengatasinya sudah ada. Untuk itu, total jalur rel kereta yang ditinggikan nanti sepanjang 152 km dan melayani rute regional, mulai Stasiun Kandangan, Pasar Turi, Surabaya Kota, hingga Gubeng. Bekerja sama dengan Prancis, proyek itu akan menelan biaya 121,8 juta euro (sekitar Rp 1,6 triliun).

Pemerintah pusat dan pemprov nanti menanggung 52,2 juta euro (Rp 750 miliar) masing-masing, sementara sisanya, 17,4 juta euro (Rp 235 miliar), ditanggung pemkot. Menurut Risma, pemkot siap sejak dua tahun lalu. "Tapi, karena birokrasi, skema tersebut hingga kini masih ada di Bappenas. Belum ada jawaban hingga kini," tuturnya.

Risma menjanjikan sering bertanya ke Bappenas soal tindak lanjut itu. "Sebab, jawaban resminya belum pernah kami terima. Kami terus mendorong segera terealisasi," ucapnya. Bila SRRT berhasil, otomatis ruas jalan yang ada bisa dimaksimalkan. Selain itu, masyarakat punya pilihan untuk naik komuter Susi (Surabaya-Sidoarjo), Sumo (Surabaya-Mojokerto), dan Surabaya-Lamongan dengan lebih nyaman. (ano/oni)


quote : jawapos.com

No comments: