Selamat Datang

Bienvenue, Willkommen, Benvenuto, ようこそ,Приветствую, Bienvenido, 환영, Welkom, مرحبا, 欢迎.....

Tuesday 26 October 2010

VGA Card

Bagaimana cara menentukan VGA Card yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kita..?

Spesifikasi
Kita bisa mencari tahu lebih jauh mengenai spesifikasi grafik yang kita butuhkan, mulai dari RAMDAC sampai clock speed, sampai dengan kemampuan 3Dnya. Tidak hanya itu saja, selain dari interface, shipset dan memori, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah BUS. (sirkuit sedehana yang menghubungkan antar bagian motherboard. Lebih dari sebuah data yang dapat diproses oleh BUS dalam sekali waktu, semakin cepat data yang akan didapat. Kecepatan BUS dihitung dalam megahertz (MHz) bergantung pada seberapa banyak data yang dapat dialirkan melalui BUS itu sendiri secara berkelanjutan.) 

Chipset
Setelah interface yang harus kita perhatikan, (AGP atau PCI-eXpress) maka keputusan yang harus kita pertimbangkan adalah chipset (prosesor).

Video Memori 
Dengan video memori yang lebih, maka data yang diolah oleh VGA semakin besar pula, untuk acuan render tekstur 3D yang lebih cepat. Sekarang ini banyak sekali VGA yang mengusung Video Memori sebesar 256MB, kapasitas sebesar itu merupakan standarisasi bagi motherboard kelas mainstream (menengah). Untuk kelas lebih atasnya lagi menggunakan RAM sebesar 512MB, ada juga yang menggunakan 768MB, dan dual chip card mempunyai 1024MB RAM (1gb RAM).


Graphics Processor Clock Speed
Secara total clock speed prosesor masih memegang peranan penting untuk memperhatikan seberapa cepat kartu grafik dapat merender gambar 3D. biaya besar untuk prosesor yang mempunyai kecepatan tinggi masih belum merupakan indikasi untuk melihat seberapa besar performanya. 

Monitor Ports
Kartu grafik baru akan mempunyai dua konektor display, dan salah satunya mempunyai DVi Port, untuk mendapatkan hasil yang maksimum pada layar LCD. DVi Port masih bisa dihubungkan dengan standar VGA dengan menggunakan DVi-toVGA adapter, biasa disebut dengan DVi Dongle. 

Output Ports
Jika menggunakan VGA untuk edit Video, menggunakan komputer untuk digital video recorder atau hanya menghubungkan komputer pada TV layar lebar untuk bermain game, bahkan menonton High-Definition Video, kita akan menginginkan kartu grafis yang mempunyai output yang sesuai dengan peralatan video kita. Kartu grafis Kelas value dan mainstream minim mempunyai S-Video dan Port Composite. Untuk kelas mainstream dan high-end mempunya komponen video didalamnya, dan beberapa sudah support untuk HDCP (High bandwidth Digital Content Protection), Blu-ray disc dan HD DVD.

Slot Mainboard
Sebelum memutuskan untuk memberli kartu grafis, pastikan ruang yang ada dalam casing kita cukup / ada ruang untuk kartu grafis nantinya. Beberapa kartu grafis degnan interface PCI-eXpress akan memakan banyak ruang didalam casing.

Tipe RAM
Berbagai macam tipe dan kecepatan kartu grafis datang dengan paket memori yang berbeda pula, DDR2 dan DDR3 adalah dua tipe yang sekarang ini sedang digunakan. Bahkan tipe yang paling baru sudah menggunakan DDR4 untuk keceptan yang lebih tinggi. Pada teorinya DDR4 lebih cepat dari DD3, faktor lain pada kartu grafis juga mempengaruhi kecepatan, hal ini berlaku sesuai dengan logika kecepatan RAM.

Input Ports
Jika ingin merekam video / audio dari TV / camcorder, maka kita tidak memerlukan video & audio input, beberapa kartu grafik mempaketkan dirinya dengan TV Tuner, tapi ingat bahwa TV Tuner membebankan dirinya pada board disemua kategori.

SLI / CrossFire Support
Berencana menggunakan dua atau lebih kartu grafis untuk mendapatkan kuaLitas..? maka pilihan ini diperlukan.

1 comment:

Unknown said...

tambahan, perlu diperhatikan juga monitornya, karena semakin bagus VGA nya biasanya fiturnya harus diikuti dari spek monitornya, artinya monitor juga harus bsr dan resolusi hrs tinggi